rss

Monday, November 30, 2009

4 Unsur Dalam Membuat Sebuah Blog

Untuk membuat sebuah blog yang bagus diperlukan beberapa unsur yang perlu kita siapkan, diantaranya :

1. Domain
2. Hosting
3. Software Blog
4. Theme Blog

Berikut saya akan coba jelaskan unsure-unsur sebagaimana disebutkan di atas.

1. Domain
Domain adalah alamat situs/blog yang tercatat di dalam dunia internet. Contoh google.com, yahoo.com dan sebagainya. Untuk mendapatkan sebuah domain kita bisa mendapatkan dengan caya membayar dan ada pula yang gratis. Domain yang berbayar biasanya menggunakan ekstensi seperti com, net, org, info, co.id dan sebagainya. Sedangkan domain yang gratis contohnya co.cc, co.nr dan sebagainya.

2. Hosting
Hosting adalah tempat penyimpanan file-file situs/blog pada sebuah server yang terhubung dengan internet. Seperti halnya domain, untuk mendapatkan hosting juga ada cara yaitu yang berbayar dan gratis. Banyak penyedia hosting berbayar contohnya untuk di Indonesia idwebhost.com atau untuk international contohnya hostgator.com. Sedangkan hosting yang gratis anda dapat menggunakan hosting 000webhost.com.
Hosting sangat berpengaruh sekali terhadap kecepatan akses situs/blog. Oleh karena itu, dalam pemilihan hosting anda perlu banyak informasi tentang hosting yang akan digunakan, terutama hosting yang berbayar.

3. Software Blog
Software blog adalah file situs/blog yang dapat diinstal ke dalam hosting. Software blog yang dapat diinstal ke dalam hosting adalah software blog wordpress yang disediakan oleh wordpress.org yang bersifat open source sehingga anda dapat menggunakannya dengan bebas.

4. Theme Blog
Theme blog adalah template yang akan membentuk desain blog. Theme tersebut terdiri dari sekumpulan file yang dapat diinstalasikan ke dalam situs blog. Theme digunakan untuk mempercantik tampilan blog sehingga blog menjadi lebih menarik. Theme tersedia banyak di internet ribuan jumlahnya. Anda bisa memilih salah satu dari theme-theme tersebut untuk anda gunakan sebagai desain situs blog anda.

Demikian sedikit informasi tentang unsur-unsur dalam membuat sebuah blog. Kalo ada pendapat yang lain atau masukan dengan senang hati saya menerima masukan yang bisa disampaikan melalui comment.

0 comments:


Post a Comment